pelajaran fisika smester awal



Yeah, kali ini saya mau flashback tentang kuliah di semester 1. Kuliah di jurusan Pendidikan Fisika – Universitas Pendidikan Indonesia banyak suka dan duka. Banyak hal-hal seru, senang, sedih, capek, galau, lucu, pokoknya campur aduk deh. Saya akan bahas per mata kuliah yang saya kontrak. Penasaran? Mari simak tulisan di bawah sama-sama. 
Bahasa Inggris
Dari semua mata kuliah yang saya kontrak di semester 1, mata kuliah inilah saya mengalami kesulitan. Basic skill bahasa inggris saya yang kurang menjadi penyebabnya. Pada akhirnya saya kurang menyukai mata kuliah ini, karena kesulitan tadi. Saya jalani selama satu semester, dan hasilnya bisa di tebak. Nilainya kurang memuaskan, tapi sudah cukuplah bagi saya. Ke depannya mungkin bisa menjadi motivasi bagi saya untuk lebih bisa menguasainya, karena kemampuan ini sangat dibutuhkan kelak
Statistika Dasar
Yang namanya statistika sudah tidak jauh lagi berhubungan dengan data. Mata kuliah ini menjadi salah satu mata kuliah favorit saya. Bahan materinya mudah dipahami dan dimengerti. Oh iya, buku yang saya gunakan untuk mata kuliah ini adalah buku Sudjana.
Landasan Pendidikan
Mata kuliah ini termasuk ke dalam kelompok Mata Kuliah Dasar Profesi (MKDP). Semua jurusan dengan titel “pendidikan” wajib mengontrak mata kuliah ini. Tak ada yang istimewa di mata kuliah ini. Di setiap pertemuan hanya presentasi dari mahasiswa, diskusi, kemudian bikin makalahnya.
Pendidikan Jasmani dan Olahraga
Udah pada tau kan dari SMA juga tentang mata kuliah ini. Ya, gak jauh beda sih. Tiap pertemuan melakukan olahraga. Untuk UTSnya yaitu test kebugaran (sit up, push up, lari, dll), dan UASnya mengikuti outbound. Kemudian ada tugas juga membuat makalah manfaat olahraga dan permainan dalam olahraga.
Matematika Dasar
Mungkin materi di dalam mata kuliah ini hampir sama kayak di SMA lah. Kebanyakan materinya ngambil dari kalkulus. Dosennya juga tegas tapi suka ngelawak juga, haha… Gak boringlah… Semua jurusan di FPMIPA wajib mengontrak mata kuliah ini tanpa kecuali, hehe…
Fisika Umum
Fisika, mata kuliah favorit saya banget. Dari SMA juga saya suka Fisika. Dan akhirnya saya menjadi mahasiswa di Fisika juga. Kerenlah di mata kuliah ini, bisa membuka pengetahuan “lebih” daripada di SMA. Menguak konsep-konsep fisika yang salah kaprah ketika di sekolah menengah. Menambah pengetahuan juga yang belum saya ketahui sebelumnya. Dosennya juga enak menjelaskan materinya.
Untuk tugasnya, harus ngerjain soal-soal tiap BAB yang telah dibahas. Buku yang dipake yaitu Conceptual Physics. Nilai yang saya dapat untuk mata kuliah ini, alhamdulillah memuaskan. 
Kimia Umum
Nah, untuk mata kuliah ini gampang-gampang susah. Kenapa? Karena menurut saya materi awal-awal masih bisa saya kuasai karena materinya gak jauh beda sama materi di SMA. Tapi lama-kelamaan materi makin rumit, makin bingung saya. Meskipun demikian pada akhirnya saya bisa melewatinya dengan baik.
Biologi Umum
Hmm.. saya rasa mata kuliah inilah yang bikin saya tidur di kelas. Materi yang disampaikan dengan cara ceramah membuat saya ngantuk terus, ditambah lagi jadwal kuliahnya sore. Makin memperparah keadaan saja, huuhh…
Saya dan teman saya sering membawa permen ke dalam kelas untuk mengurangi ngantuk, kadang-kadang juga saya suka minum kopi dulu agar tidak mengantuk di kelas. Tapi rasa ngantuk bisa hilang ketika dosen memberikan joke nya, setelah itu ya ngantuk lagi, hehe… Pada akhirnya semua berjalan dengan baik.
***
Nah itu sedikit flashback tentang semester 1. Memang tak semuanya saya ceritakan karena saya sudah lupa-lupa ingat. Kecara keseluruhan semuanya berjalan dengan baik, walau saya harus mengikuti ujian susulah dibeberapa mata kuliah karena waktu itu saya sakit selama 2 minggu. Semester ini bisa dibilang semester yang “nyantai” karena materi beberapa mata kuliah seperti Matematika Dasar, Fisika Umum, Kimia Umum dan Biologi Umum sudah saya pelajari ketika SMA.

 terima ksih telah mengunjungi

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "pelajaran fisika smester awal"